Mobil WRC hybrid Ford Puma Rally1: perlu tahu panduan

Mobil reli dunia hybrid baru Ford yang berani telah diungkapkan kepada publik di Goodwood Festival of Speed dan CAR telah mengalaminya secara langsung dari kursi penumpang.

Puma Hybrid baru akan bersaing di Kejuaraan Reli Dunia FIA mulai tahun 2022, di bawah formula peraturan Rally1 baru yang mewajibkan powertrain hybrid plug-in dan bahan bakar berkelanjutan.

Direkayasa bersama dengan perusahaan teknik motorsport Inggris M-Sport, mobil Puma WRC akan dibangun di pangkalan Cumbria M-Sport.

Jadi mobil World Rally baru Ford adalah Puma, bukan Fiesta? 

Fiesta telah membawa harapan Blue Oval di panggung World Rally sejak 2011 tetapi karena pasar beralih ke crossover, Ford telah memilih Puma sebagai model untuk memanfaatkan kekuatan pemasaran WRC di era Rally1 yang baru.

Namun, mobil baru ini tidak memiliki banyak kesamaan dengan mobil jalan raya Puma. Aturan Rally1 yang baru berarti bahwa, untuk pertama kalinya, sangat sedikit bagian bodi yang perlu dibagikan dengan mobil produksi. Hanya kap mesin, kaca depan, bak truk dan kulit atap yang perlu dibawa, memungkinkan banyak kebebasan dengan struktur dan aerodinamis mobil.

‘Hal terbesar [untuk proyek ini] adalah bahwa kami tidak menggunakan bodyshell berbasis produksi,’ kata direktur M-Sport (dan mantan pembalap reli profesional) Malcolm Wilson. ‘Kami biasanya mulai dengan memotong lembaran logam. Ini menarik.’

Sebagian alasan untuk menjauh dari cangkang berbasis produksi adalah untuk memungkinkan keamanan yang lebih besar bagi pengemudi dan co-driver: kursi telah dipindahkan ke dalam dan ada perlindungan ekstra yang dibangun ke dalam struktur kokpit untuk melindungi dari benturan samping.

‘FIA telah mengambil banyak data dari mobil WRC saat ini dan sejumlah penelitian yang tak ternilai telah masuk ke standar keselamatan,’ tambah Wilson.

Apa yang menggerakkan mobil Ford Puma Hybrid WRC baru?

Mesin 1.6 liter turbocharged dibawa dari mobil Fiesta WRC yang ada, sebuah langkah oleh FIA untuk mengurangi biaya bagi produsen mengingat biaya tambahan yang terlibat dalam pengembangan mobil WRC hibrida generasi baru.

Ini bergabung dengan motor 100kW, diberi makan oleh baterai 3,9kWh. Energi yang dihasilkan dari pengereman dan meluncur mengisi daya baterai, dan juga dapat dicolokkan ke pengisi daya cepat 25 menit di area servis.

Daripada ukuran hemat bahan bakar, motor digunakan terutama untuk meningkatkan kinerja di Puma. Penundaan untuk e-boost motor lebih kecil daripada turbo boost mana pun.

Mobil dapat berjalan dalam mode listrik nol emisi juga tim dapat berdiskusi dengan badan pengatur FIA ketika mode itu akan digunakan, di jalan atau di area layanan, misalnya. Baterai tidak memiliki kemampuan untuk berjalan dalam mode EV murni untuk keseluruhan bagian jalan saat ini.

Sepertinya ada beberapa aero serius yang terjadi… 

Proyek ini dimulai pada akhir 2019, dan M-Sport telah bekerja sama dengan para insinyur Ford Performance di AS. Terowongan anginnya di Charlotte sangat berharga, kata Wilson:

‘Kami telah dapat menggunakan terowongan lantai bergerak Ford. Kita dapat menempatkan mobil dalam posisi miring, kita dapat mensimulasikan melompat ini adalah alat yang ampuh.’

Ini bukan proyek motorsport EV pertama M-Sport, setelah sebelumnya menciptakan mobil balap i-Pace eTrophy Jaguar. ‘Kami belajar banyak tentang sisi operasional dan keselamatan juga dengan proyek itu,’ kata Wilson.

Wilson mengatakan bahwa peraturan Rally1 adalah tingkat teratas reli ulang teknis terbesar yang pernah ada dalam beberapa dekade.

‘Saya bersemangat tentang hal itu. Bukan hanya performanya tetapi juga keseluruhan sasis cara mobil bereaksi di tikungan lambat. Ini mungkin mobil pertama yang saya lihat melakukan itu di tempat yang saya pikir saya akan menyerahkan ini kepada pengemudi profesional!

Pengemudi yang mendapatkan hasil maksimal dari sistem hybrid mungkin melakukan yang terbaik. Ini akan menjadi pembalap yang cerdas yang akan menggunakan sistem yang terbaik 5km ke tahap pertama di Monte Carlo, mereka akan membuat beberapa keputusan penting… Peraturan juga berarti kita sekarang menggunakan gearbox manual, jadi jika mereka melewatkan gigi, itu akan sangat penting, selengkapnya di harga mobil.

Bagaimana rasanya beraksi?

CAR menaiki prototipe Ford Puma Hybrid WRC untuk naik penumpang di Goodwood Hill pada hari Minggu di Festival of Speed, dengan pengemudi pengembangan utama Matthew Wilson di kemudi.

Jika Anda seorang co-driver yang tinggi, Anda mungkin agak sempit firewall telah kembali ke kabin sedikit lagi. Ada juga rollcage bar ekstra untuk masuk ke kabin, bagian dari langkah-langkah baru untuk melindungi penumpang dengan lebih baik dari benturan samping. Anda juga duduk lebih dalam, lebih dekat dengan pengemudi, daripada di mobil WRC sebelumnya.

Struktur di atas dan di bawah Anda lebih mirip dengan sasis rangka ruang berbentuk tabung daripada mobil WRC sebelumnya, dengan banyak bagian segitiga untuk kekuatan di atas lantai dan di bawah kulit atap.

Jauh dari area perakitan dengan tarikan tuas girboks sekuensial manual baru, dan Wilson dengan agresif menghangatkan ban spek aspal saat berlari ke garis start. Pengereman juga memiliki manfaat untuk memastikan baterai terisi penuh untuk memanfaatkan dorongan baterai dengan sebaik-baiknya.

Giliran rem tangan yang rapi untuk berbaris di garis start dan kombinasi penekanan tombol pada roda untuk mengaktifkan kontrol peluncuran. Berputar, rem dilepaskan dan kami pergi, cepat.

Berikut ini adalah lari yang rapi, rapi, dan sangat tidak dramatis ke Goodwood Hill. Dua gigitan di kemudi ke tikungan pertama untuk memeriksa tingkat cengkeraman di trek berminyak ini, masih mengering karena hujan pagi ada banyak hal, ban depan Puma menginjak aspal dan langsung menemukan puncaknya. Ada traksi besar saat keluar dari tikungan juga, bahkan dengan tenaga ekstra 100bhp+ dari motor listrik yang dikerahkan.

Saat ini dorongan hibrida diaktifkan oleh sedikit perjalanan terakhir dari pedal throttle. Kemudian mungkin pedal dua tahap yang mirip dengan kickdown mobil jalan raya, atau diaktifkan dengan cara lain. ‘Idenya masih dalam diskusi berapa banyak peta yang akan dibuat, dan bagaimana tim mengembangkannya,’ kata Richard Milliner dari M-Sport. Untuk kondisi licin atau es misalnya, mungkin pengemudi bisa mengatur besaran dorongan hybrid.

Meskipun tidak dramatis di sini di Goodwood yang permukaannya halus, di mana Puma WRC hanya mencengkeram dan pergi, ketika dorongan naik di atas lumpur yang licin itu sedikit lebih liar, kata Matthew.

Daya tarik yang ditemukan Puma sangat mengesankan, terutama karena peraturan Rally1 baru melarang perbedaan pusat aktif dan mengamanatkan perbedaan mekanis di setiap ujung daripada unit elektronik.

Sangat menyenangkan melihat Wilson meraih persneling di tuas pemindah gigi berurutan yang tinggi seperti pembalap reli di masa lalu juga.

Di konsol tengah dekat lantai, ada pembacaan layar dengan semua jenis informasi kompleks mengenai pengisian daya baterai dan meningkatkan ketersediaan untuk co-driver yang sempit untuk diawasi. Mereka akan sibuk.

Dan itu hanya akan menjadi lebih cepat antara sekarang dan kick-off musim 2022…

Kemudian di Festival, Puma Rally1 melesat ke  posisi ke- 13 secara keseluruhan melawan semua pendatang dalam adu penalti terakhir Goodwood. Dan masih banyak lagi yang akan datang. Ini adalah prototipe nomor satu dari satu sejauh ini. Prototipe validasi berikutnya akan lebih canggih, dan beratnya ‘150 hingga 180kg lebih ringan dari mobil ini,’ kata Malcolm Wilson.

Ketika reli Monte Carlo pembukaan musim bergulir pada Januari 2022, mobil akan sangat berkembang.

Prototipe ini telah menempuh sekitar 1900 mil sejauh ini, dan telah berjalan dengan marah di depan prototipe dari saingan Ford, Hyundai dan Toyota. ‘Kami telah menjadi orang pertama yang menjalankan, dan itu sangat penting bagi kami – kami telah belajar banyak sejak awal terutama dengan sistem hybrid,’ kata Malcolm Wilson.

Setiap tim pabrikan kemungkinan akan menjalankan tiga mobil. Pembalap Ford belum dikonfirmasi, selain bintang Prancis yang sedang naik daun, Adrien Fourmaux. Lawan Hyundai-nya akan bersaing dengan mobil berbasis i20N, dan Toyota diperkirakan akan menggunakan versi baru Yaris WRC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *